Soal Digital

Soal digital yang kami maksud adalah soal yang diberikan dan dikerjakan secara langsung didepan komputer dan usai mengerjakan siswa dapat secara langsung mendapat skor yang diperoleh. Bila perlu siswa dapat menerima konfirmasi tentang kunci soal yang mereka kerjakan.

Sebagai guru, kami berusaha merealisasi harapan dengan membuat soal digital, meskipun sementara baru berhasil untuk jenis soal pilihan ganda empat option (a, b, c, dan d).

Cara membuat soal tersebut cukup menggunakan editor text sederhana, misal notepad dan sistem operasi windows (sebelum windows vista). Gambar samping contoh penulisan sumber soal.


Program aplikasi yang membantu guru membuat atau menggunakan soal seperti itu sebenarnya telah ada, tetapi sofwere tersebut umumnya sangat mahal dan juga sulit didapat.

Sumber soal tersebut kemudian kita ubah ke naskah soal menggunakan softwere aplikasi sederhana yang berupa file buat_soal.exe sehingga menghasilkan naskah yang disandikan.
Jika penulisan sumber soal benar maka akan muncul bentuk penampilan soal.but. Tetapi jika tidak berhasil kemungkinan program akan menyatakan kesalahan atau komputer ngadat. soal-d1
Jadi perlu teliti saat menulis sumber soal, dan ini salah satu kelemahan program kami. Saat komputer ngadat akhiri program dengan paksa (melalui Window Task Manager). Gambar diatas menunjukan proses penyandian naskah soal sampai munculnya bentuk soal.
no3

Setelah naskah soal terbentuk beserta file-file pendukungnya (file gambar yang disandikan, file vidio dan audio) maka naskah tersebut dapat digunakan menggunakan program aplikasi soal.exe atau soal1.exe.

Gambar samping jika naskah soal dijalankan menggunakan soal1.exe.

Dengan Soal1.exe siswa yang mengerjakan diminta mengisi identitas (dua baris) dan menampilkan daftar anak yang menduduki nomonasi sepuluh besar.
Setelah identitas diisi dan Next akan muncul soal seperti gambar samping.Kotak hijau berbingkai dibawah identitas soal sebagai indikator posisi soal. Dengan memindah bingkai ke kotak lain (dengan clik atau tombol panah), maka soal akan berganti. no4
Menjawab soal dilakukan dengan mengclik hurub pilihan pada panel jawab atau menekan tombol hurub pada keyboard dianggap benar.
no5

Akibat siswa telah memilih maka pada kotak posisi soal akan terisi hurub pilihan jawaban, dan warna kotak berubah seperti gambar disamping.

Siswa dapat mengganti jawabannya dengan memilih option lainnya, tetapi tidak lagi dapat mengosongkan soal yang terlanjur dijawab.

Dibagian kanan bawah terdapat angka yang nilainya terus berkurang, angka tersebut berupa indikator sisa waktu yang disediakan.
Proses pengerjaan dihentikan saat sisa waktu habis atau siswa menekan tombol selesai.Jika dikehendaki kunci dapat ditampilkan seperti gambar samping usai penggerjaan selesai. no6
Dalam kondisi ini siswa dapat melihat kembali soal, jawabannya, dan kuncisoal dengan memindah indikator posisi soal.
no7 Gambar samping akan muncul setelah siswa mencek jawabannya, atau langsung seusai mengerjakan (tergantung seting soal) dan menunjukkan prosentase hasil pengerjaannya.Prosen benar, salah, dan tidak dikerjakan dilaporkan.
Dengan menekan Ok proses penggunaan soal berakhir.

Beberapa keuntungan penggunaan soal digital ini adalah

1. soal dapat dibuat dinamis dengan menulis sumber soal berbentuk konsep atau,
2. soal menyediakan banyak alternatif,
3. sumber soal cukup ditulis menggunakan notepad,
4. soal dapat menggunakan media suara atau video,
5. jika dikehendaki akhir pengerjakan kunci jawaban dapat disampaikan dengan harapan siswa mendapat pengalaman dari kesalahannya,
6.. data pengerjaan masing-masing siswa dapat disimpan dalam file text dalam bentuk B (benar) atau S (salah) atau K (tidak dikerjakan) dari setiap nomor soal.

Bentuk data pengerjaan siswa adalah sebagai berikut:

LV1ILEVEL1.TXT 01 7c 625 SSSSSSSBSSSSSSSS
LV3ILEVEL3.TXT 01 7e 5000 SSSBSSBBSBBB
EVLIEvaluasi.txt 10 7e 1875 SSSSSBSSSSSBSSBS
LV3ILEVEL3.TXT 02 7e 5000 SSSBSSBBSBBB

Baris pertama menyatakan soal yang dikerjakan di folder LV1 dengan file soal ILEVEL1.TXT dengan identitas siswa 01 70 dan hasil yang diperoleh 6,25% sedang data berikutnya merupakan hasil pekerjaan siswa tersebut untuk masing-masing nomor mulai nomor awal hingga akhir.

Sofwere membuat soal bersifat free untuk mendapatkan silahkan mengirim email ke susilo.gunawan@yahoo.co.id.

Panduan Membuat Soal Digital

Perihal gunawan susilo
Guru SMP N 1 Gandusari Blitar Dusun Pagergunung Rt 04/ Rw 01 Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Jawa Timur

3 Responses to Soal Digital

  1. mareta dyah mengatakan:

    giman kalo coba dibuatkan dan tampilkan media pembelajan untuk bidang studi geografi ja????????? pusing sama angka2

  2. Apgan Ukamal mengatakan:

    sangat bermanfaat, pak……terima kasih

  3. yesung123 mengatakan:

    sangat berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: